Tuesday, February 24, 2009

Bumi terus berputar dan waktu berjalan menghabiskan sisa-sisa jaman. Peradaban yang ada di muka bumi terus berganti dengan peradaban baru, itulah perubahan. Suatu saat bangsa yang begitu besar akan jatuh tanpa meninggalkan sisa dan berganti dengan bangsa-bangsa kecil yang mungkin tidak pernah terdengar namanya. Akan selalu ada bintang baru yang melejit laksana meteor memecah langit, membukakan mata yang selama ini tertutup, membuat kagum dan tercengang.
Setiap perubahan membutuhkan martir-martir yang berani mati dalam kepercayaan yang mungkin tak bisa dicerna dengan nalar. Bagi sebagian orang martir-martir ini adalah penjahat yang harus dinista, tapi bagi sebagian lainnya ini adalah pahlawan yang sesungguhnya, yang tak gentar untuk menghilangkan nyawanya bagi sebentuk kepercayaan. Perubahan juga membutuhkan intelektual yang berjuang dengan pemikirannya, melakukan pembaharuan dengan kemampuan otaknya, berjuang dengan pena ataupun dengan pengetahuan yang benar-benar teruji.
Dalam setiap peradaban akan melahirkan manusia-manusia jenius yang akan menjadi teladan dan dipercaya oleh semua orang. Manusia-manusia yang bisa menyatukan kekuatan dirinya, manusia-manusia yang akan merubah dunia yang tentu saja menuju untuk lebih baik.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home