Friday, October 24, 2008

Ada suatu ungkapan yang sudah sangat umum di masyarakat bawah untuk mengatakan bahwa saat melakukan sesuatu tak usahlah buru-buru, tetaplah santai saat mengerjakannya. Ungkapan itu adalah “Belanda masih jauh”.

Entah siapa yang pertama kali menciptakan istilah itu, mungkin ini adalah ungkapan pada masa penjajahan yang muncul dari bangsa yang tertindas, untuk memberikan rasa nyaman dan buaian menenangkan saat menidurkan anaknya. Ungkapan yang memang muncul tanpa ada rasa semangat sama sekali, karena memang sudah tak berguna lagi.

Masa berlalu dan Belanda sudah angkat kaki dari negeri ini, tetapi istilah menyedihkan itu tak dibawanya pergi, masih dibiarkan bercokol di benak kebanyakan orang di bangsa ini. Walau tak lagi diancam moncong senapan, banyak orang masih setia menggunakan istilah ini di keseharian, entah untuk menghibur diri ataukah memang untuk menyebut tabiat bangsa ini yang memang pemalas.

Seiring kemajuan dan pengetahuan yang didapat, seharusnya istilah inipun bisa diserap agar berganti makna menjadi istilah yang memberi semangat, istilah yang bisa memacu bangsa ini untuk bisa meraih dan mengejar sesuatu yang berbeda di luar lautan sana.

Karena Belanda memang masih jauh, negara itu tak pernah pindah sekalipun secara geografis. Dari dulu sampai sekarang memang disitu tempatnya.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home