Monday, September 22, 2008

Dwarka

Kisah Mahabarata sebagai sebuah epic terbesar yang pernah ada menyimpan suatu kisah yang begitu menakjubkan. Perjuangan hidup manusia dalam pencarian kebahagiaan hakikinya. Bagi umat Hindu, Mahabarata ini seperti sebuah kisah suci yang menjadi pegangan untuk bersikap dan bertingkah laku.

Banyak orang berpikiran bahwa Mahabarata ini adalah sebuah mitos atau sekedar dongeng semata, tapi ada sebagian orang juga yang menganggapnya ini adalah kisah yang terjadi pada masa lalu dan diabadikan melalui syair-syair pujian.

Bolehlah kita tetap memandang bahwa epos yang merupakan kumpulan dari beribu-ribu syair ini adalah hanya simbolisasi tentang perjuangan kebaikan melawan kejahatan, menjadi representasi dari nafsu di diri manusia. Bahkan perang Baratayudha adalah hanya penggambaran bagaimana peperangan besar antara kebaikan dan kejahatan itu terjadi. Dan bagaimana akhirnya kebaikanlah yang menjadi pemenang dalam perang besar di Kurusetra ini.

Beruntunglah di dunia ini masih banyak orang-orang penasaran dan tak puas akan sesuatu sehingga mereka terus mencari tahu tentang apa saja. Dan, kisah Mahabarata ini pun terlalu menarik untuk dibiarkan hanya menjadi suatu kisah dongeng semata.

Tersebutlah Dwarka sebuah kota tua di bagian Gujarat, India yang berhasil menarik perhatian untuk bisa mengungkap hubungan antara Mahabarata sebagai dongeng dengan kenyataan. Disini bisa kita temukan begitu banyak peninggalan-peninggalan bersejarah berupa kuil-kuil Hindu yang bertebaran dengan arsitekturnya yang mengagumkan, ini membuktikan bahwa kota ini telah tersentuh peradaban yang maju pada masa lalu. Kebudayaan dan kebiasaan orang-orang dalam beraktifitas ataupun dalam merayakan hari-hari besar terlihat begitu sama seperti digambarkan dalam kisah Mahabarata mengenai kebiasaan rakyat di kerajaan Dwarati dengan rajanya yang agung yaitu Khrisna.

Dalam satu kisah di Mahabarata, ada satu kutipan perkataan dari Arjuna mengenai hancurnya kerajaan Dwarawati sepeninggal Krishna. Arjuna menyebutkan bahwa kerajaan besar Dwarawati hilang begitu saja karena tak kuasa melawan kehendak alam. Gedung-gedung tingginya tenggelam oleh lautan, dan hilang dari keberadaannya.

Kutipan Arjuna ini menjadi pegangan untuk menyelidiki keadaan laut disekitar Dwarka, dan ditemukanlah suatu situs kuno yang dahulu kala adalah sebuah kota, di bawah laut Dwarka ditemukan banyak pondasi-pondasi kokoh dari bangunan besar. Tak hanya itu, ditemukan juga artefak-artefak kuno yang sesuai dengan penggambaran dari kisah Mahabarata.

Ini menjadi bukti bahwa ternyata kisah Mahabarata adalah bukan hanya dongeng semata, tapi sebuah rekaman mengenai peristiwa besar yang benar-benar terjadi pada umat manusia ribuan tahun yang lalu.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home