Saturday, August 09, 2008

Masuklah ke gang-gang; diantara himpitan bangunan yang begitu rapat dan tak menyisakan tempat untuk udara yang segar maka kau akan melihat wajah-wajah yang tersenyum. Mungkin dalam kegetiran, tapi mungkin juga tentang rasa damai bahwa mereka tetap bisa bertahan menghadapi begitu kerasnya kehidupan.
Kunjungilah pasar yang panas dan penuh lubang becek di sepanjang petak-petaknya, setiap receh yang diterima hari itu adalah tentang terpenuhinya kebutuhan makan hari ini. Mereka tersenyum saat menerimanya, bagai menyambut rejeki yang tak terkira.
Berikanlah sepuluh ribumu dengan ikhlas pada orang yang telah begitu baik membersihkan kipas anginmu dari debu, sebagai balasannya kau akan melihat senyuman dan ucapan terima kasih darinya.
Bahkan saat kau pergi pada suatu malam diantara kumpulan bandit-bandit dan penjahat yang menutupi identitasnya dari polisi kau juga akan menemukan suatu senyuman dan tawa puas dari mereka saat tiba-tiba datang satu crate botol minuman keras yang akan menemani mereka menjaga keamanan tempat hiburan untuk malam ini.

Lihatlah akan selalu ada senyum di dunia bahkan di lapisan-lapisan yang mungkin tak pernah kita lihat.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home