Tuesday, July 08, 2008

Jangan hilangkan hati dan pikiran kita.

Sejak kita dilahirkan di bumi ini, telah ada pikiran dan hati yang ditanamkan, bersemayam di dalam kerutan daging dan tulang yang membentuk tubuh kita. Inilah yang membuat kita disebut sebagai makhluk sempurna.

Dalam perjalanannya, pikiran dan hati ini akan terisi secara pelan-pelan bersamaan juga dengan tubuh yang terus berkembang dan membesar. Waktulah yang membuktikannya.

Seiring dengan langkah kita, bertemulah kita dengan kenyataan, yang tentu saja masing-masing dari kita mendapatinya secara berbeda. Tapi apakah kenyataan itu juga akan sesuai dengan hati dan pikiran kita. Belum tentu!
Banyak dari kita akan merasa gamang dan gundah saat mencoba melihat dengan pikiran dan hati, begitu banyak pertanyaan yang tak bisa terjawab. Kita menemukan banyak sekali pengetahuan yang terasa begitu besar untuk bisa dimengerti. Inilah yang seringkali membuat hidup dalam kenyataan ini terasa tidak nyaman, karena seolah ini hanyalah sebuah permainan tebak pertanyaan dimana telah dibentuk agar kita tak akan pernah menemukan jawabannya.

Hati dan pikiran kita berontak, kita berusaha menolaknya. Ada yang menyerah kalah dengan lari secara pengecut dari kenyataan yang dihadapi, ada yang memilih untuk menghilangkan hati dan pikirannya karena merasa ini hanyalah beban untuk menjalani kenyataan ini.
Tetapi ada juga yang terus dan terus berusaha untuk menemukan jalan dimana bisa mencari keseimbangan antara hati dan pikiran yang dimilikinya tetapi tetap selaras dengan kenyataan yang dihadapi. Inilah pilihan yang tersulit, karena saat benar-benar memilihnya maka bersiaplah untuk menghadapi beratnya cobaan dan badai yang datang. Bersiaplah menjadi orang asing, bersiaplah menjadi sendiri.

Tetapi ini hanyalah fase dalam kehidupan, yang memang kita harus berjuang bersimbah darah untuk menemukan siapa diri kita sebenarnya. Membuat fondasi kaki agar tetap kuat melangkah dan membentuk apa tujuan kita sebenar-benarnya.
Dimana saat kita berhasil melewatinya maka sebaiknya segeralah menyiapkan pakaian terindah dan makanan terlezat karena kita akan sampai pada ujung pencarian kita. Sesuatu yang menyenangkan, sesuatu yang sama sekali berbeda. Saat inilah, kita bisa duduk tenang sambil menikmati kemenangan kita.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home