Wednesday, July 09, 2008

Saat berjalan, perhatikan pandanganmu.

Berjalanlah dengan tegak dan kau akan melihat jalan di depanmu dengan jelas. Bisa mengira sejauh apa kakimu akan mampu melangkah menghadapi batu-batu kerikil yang berserakan disepanjang jalan. Dengan menjaga matamu untuk bisa melihat tujuan didepan maka kau akan juga bisa melihat lebatnya rerimbunan semak yang akan menghalangi jalanmu. Dengan begitulah maka kau juga akan tahu bagaimana untuk membersihkan semak-semak itu sehingga kau akan terus kuat berharap dalam perjalananmu ini.

Sesekali melihatlah keatas dan kau akan mendapati betapa ada langit yang maha luas terbentang tanpa batas. Inilah bukti bahwa diatas sana banyak yang lebih darimu, pengetahuan yang tak akan habis untuk kau ketahui. Bahwa ternyata kau adalah bukan siapa-siapa, kau hanyalah pengembara kecil yang tak berdaya, membuatmu sadar bahwa kesombongan tidaklah berguna.

Pastikan juga kau musti melihat kebawah, perhatikan tanah-tanah yang terjejak. Berlumpur dan terbentuk bekas kakimu. Sehingga kau akan bersyukur tentang kekuatanmu yang menuntunmu untuk bisa berdiri tegak seperti ini dan kau bisa terus berjalan untuk mencari tempat yang kering. Inilah yang bisa membangkitkan kepercayaan dirimu, bahwa kau telah mampu menjadi lebih dari hanya jejak kaki yang tertinggal di tanah.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home