Tuesday, October 10, 2006

Lautan Bagi Saya

Apa yang kalian rasakan ketika melihat laut dengan pemandangan pantai dan ombak di kejauhan mata memandang; nyaman, tenang, indah atau bahkan mengerikan dan penuh bencana.
Kalau saya bisa berpendapat tentang laut adalah tentang Misteri; sebuah fenomena dan keajaiban alam yang begitu luas, yang belum bisa terkuak sampai sekarang.

Laut telah mendominasi sebagian besar bagian bumi yang menjadi penghubung antara berbagai bangsa dan ras berbeda dari makhluk yang mendiami daratan. Bersyukurlah Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang sebagian besar wilayahnya adalah terdiri dari lautan, sehingga konon ceritanya pada masa lalu Indonesia terkenal akan pelaut-pelautnya yang tangguh.
Tetapi yang membuat heran kenapa saya melihatnya negara maritim ini malah terkesan menyia-nyiakan lautnya, menomorduakan potensi kekayaan laut, cenderung mengeksploitasi habis-habisan kekayaan daratnya.
Apakah ini karena ketidak mampuan untuk mengeksplorasi laut atau sesimple tidak tertarik akan potensinya?
Ataukah juga karena begitu banyak cerita horor mengenai laut yang terlanjur melegenda sehingga membuat banyak orang Indonesia mengurungkan niat ketika hendak memanfaatkan kekayaannya.
Entahlah,...

Saya hanya berharap pada waktunya nanti kharisma laut terutama laut Indonesia akan bersinar lagi dan membuat banyak orang berpikir untuk tidak hanya berkutat akan kompetisi dan ekploitasi di daratan.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home