Monday, July 24, 2006

Pertanyaan

Malam ini saya sempat membuka begitu banyak website iklan yang ada di bookmark browser. Saya browsing satu persatu dan menemukan banyak sekali iklan bagus disitu.
Baik bagus dalam ide ataupun dalam eksekusinya. Hebat.
Ratusan iklan dari lokal ataupun iklan-iklan dari luar negeri, iklan-iklan yang khusus konsumsi award ataupun iklan jualan biasa. Saya perhatikan dengan seksama.
Dari ratusan iklan yang saya lihat disitu, kadang saya tidak bisa menemukan apa maksudnya, dan semakin dalam saya perhatikan memang saya tidak bisa mengerti.
Mungkin saya yang bodoh atau pembuat iklannya yang pintar dan kreatif sekali.

Tetapi yang menarik adalah perdebatan dalam hati saya.
Tidak tahu kenapa saat saya memperhatikan beberapa iklan yang tidak saya mengerti maksudnya itu, hati saya berkata bahwa iklan ini adalah iklan bagus.
Saya sangat kagum akan tetapi tidak bisa menjelaskan kenapa saya bisa mengaguminya.

Keadaan tersebut membuat saya berpikir sesuatu dan menjadikan beberapa pertanyaan dalam diri saya sendiri
-Apakah memang iklan itu adalah karya seni yang tidak perlu diketahui maksudnya?
-Apakah iklan memang harus gamblang menyampaikan pesan dengan mengesampingkan keindahan?, atau
-Apakah iklan itu adalah sebuah karya seni yang diperalat untuk menyampaikan pesan?

0 Comments:

Post a Comment

<< Home